Proses pencetakan injeksi akrilik

- 2023-08-02-

1. Penanganan Plastik
PMMA memiliki tingkat penyerapan air tertentu, dan tingkat penyerapan airnya mencapai 0,3-0,4%, sedangkan kelembaban cetakan injeksi harus di bawah 0,1%, biasanya 0,04%. Kehadiran air menyebabkan gelembung, garis gas, dan berkurangnya transparansi pada lelehan. Jadi perlu dikeringkan. Suhu pengeringan 80-90°C, dan waktu pengeringan lebih dari 3 jam. Dalam beberapa kasus, 100% bahan daur ulang dapat digunakan. Jumlah sebenarnya tergantung pada persyaratan kualitas, biasanya lebih dari 30%. Bahan daur ulang harus menghindari polusi, jika tidak maka akan mempengaruhi transparansi dan sifat produk jadi.

2. Pemilihan mesin cetak injeksi
PMMA tidak memiliki persyaratan khusus untuk mesin cetak injeksi. Karena viskositas lelehnya yang tinggi, diperlukan alur sekrup yang lebih dalam dan lubang nosel berdiameter lebih besar. Jika kekuatan produk harus tinggi, sekrup dengan rasio aspek besar harus digunakan untuk plastisisasi suhu rendah. Selain itu, PMMA harus disimpan dalam hopper kering.
 
3. Desain cetakan dan gerbang
Suhu cetakan bisa 60°C-80°C. Diameter sariawan harus sesuai dengan lancip bagian dalam. Sudut terbaik adalah 5° hingga 7°. Jika Anda ingin menyuntikkan produk dengan ukuran 4mm atau lebih, sudutnya harus 7°, dan diameter sariawan harus 8 hingga 7°. 10mm, panjang keseluruhan gerbang tidak boleh melebihi 50mm. Untuk produk dengan ketebalan dinding kurang dari 4mm, diameter saluran aliran harus 6-8mm

Untuk produk dengan ketebalan dinding lebih dari 4 mm, diameter pelari harus 8-12 mm. Kedalaman gerbang lembaran diagonal, berbentuk kipas, dan vertikal harus 0,7 hingga 0,9t (t adalah ketebalan dinding produk), dan diameter gerbang jarum harus 0,8 hingga 2 mm; viskositas rendah sebaiknya memilih ukuran yang lebih kecil.

Lubang ventilasi umum memiliki kedalaman 0,05 mm, lebar 6 mm, dan kemiringan proses pencetakan antara 30′-1° dan bagian rongga antara 35′-1°30°.

4. Suhu leleh
Hal ini dapat diukur dengan metode injeksi udara: berkisar antara 210°C hingga 270°C, tergantung pada informasi yang diberikan oleh pemasok.

Tarik jok belakang, buat nozel mesin cetak injeksi keluar dari bushing saluran utama, lalu lakukan secara manual cetakan injeksi plastisisasi, yaitu cetakan injeksi berongga.

5. Suhu injeksi
Injeksi cepat dapat digunakan, namun untuk menghindari tekanan internal yang tinggi, disarankan untuk menggunakan injeksi multi-tahap, seperti lambat-cepat-lambat, dll. Saat menginjeksi bagian yang tebal, gunakan kecepatan lambat.

6. Waktu tinggal
Jika suhunya 260°C, waktu tinggal tidak boleh lebih dari 10 menit; jika suhu 270°C, waktu tinggal tidak boleh lebih dari 8 menit